Proses Pembentukan Gaharu Adalah Penentu Kesuksesan Anda Dalam Membudidayakannya Grosir

23:24:55





19 Januari 2009 by Banjarmasin Post issuu issuu deny_bpost docs bp20090119 SalinanSedangkan senyawa triptofan merupakan produk awal proses pembentukan hormon melatonin. Dalam hal ini Anda harus bisa memilah milah berapa persen dana yang akan diinvestasikan untuk jangka Harian Pagi Bangka Pos Edisi 26 Mei 2009 issuu issuu bangkapos docs 26_mei_2009 SalinanHarian Pagi Bangka Pos Edisi 26 Mei 2009. 4. suara rakyat. SELASA 26 MEI 2009. BANGKA POS. Pemilih Bertambah 12.875 Orang “Yang berubah adalah jumlah pemilih per TPS. Bahasa Indonesia.txt es.scribd es.scribd document 321972450 Bahasa Indonesia txt Salinanacawi aceh acerang aci aci aci aci acian acian acik acikan acinya aco aco acoan acoan acu acuan acuannya acuh acuhan acuhnya acukan acum acuman acung acungkan ada ada adanya adab adabiah adad adagio adagium adahah adai badai adakah adakala adakalanya adakan adakanlah adaks adaktil adalah adalat adam adan adang adang adang adanya adanyakah adap Proses Pembentukan Gaharu Adalah Penentu Kesuksesan Anda Dalam Membudidayakannya Grosir | Grosir



Di pasar internasional kayu gaharu adalah komoditi kayu termahal dan memiliki permintaan  tertinggi di dunia. Permintaan kayu Gaharu di negara - negara Eropa seperti Amerika, Cina dan Arab mendorong harga Kayu gaharu ini berada hingga dikisaran ratusan juta. Kayu Gaharu adalah kayu hasil mekanisme kimia dari tanaman pohon keras Aquillaria sp. terhadap masuknya suatu mikroba kedalam batang. Berkat mikroba yang juga kerap disebut kapang Gaharu, bagian batang yang terinfeksi kemudian akan menghitam sebagai reaksi antibody pohon dengan mengeluarkan zat kimia resin yang harum dan kehitaman. Cairan resin yang mengeluarkan aroma harum dan kehitaman inilah yang kemudian dikenal dengan kayu gaharu. Jadi artinya bahwa kayu gaharu yang selama ini harganya mahal tidak begitu saja terbentuk setelah di tanam. Sehingga perlu adanya perlakuan khusus dan buatan untuk membentuk kayu gaharu. Gaharu sendiri dihasilkan dari tanaman, sebagai respon dari masuknya mikroba yang masuk ke dalam jaringan yang terluka. Luka pada tanaman berkayu dapat disebabkan secara alami karena adanya cabang dahan yang patah atau kulit terkelupas, maupun secara sengaja dengan pengeboran dan penggergajian. Masuknya mikroba ke dalam jaringan tanaman dianggap sebagai benda asing sehingga sel tanaman akan menghasilkan suatu senyawa fitoaleksin yang berfungsi sebagai pertahanan terhadap penyakit atau patogen. Senyawa fitoaleksin tersebut dapat berupa resin berwarna coklat dan beraroma harum, serta menumpuk pada pembuluh xilem dan floem untuk mencegah meluasnya luka ke jaringan lain. Namun, apabila mikroba yang menginfeksi tanaman dapat mengalahkan sistem pertahanan tanaman maka Gaharu tidak terbentuk dan bagian tanaman yang luka dapat membusuk. Pembentukan Gaharu ini biasanya dilakukan dengan mengebor batang tanaman penghasil gaharu dan memasukkan inokulum cendawan ke dalamnya atau cara ini biasa disebut dengan proses inokulasi. Jika Anda belum mengetahui cara menginokulasi Gaharu berikut akan saya jelaskan apa saja yang perlu dilakukan untuk membentuk gaharu :
Bahan dan alat yang dibutuhkan :

• Bor kayu dengan ukuran minimal 10 mm, sesuai dengan diameter batang semakin besar diameternya maka ukuran bor semakin besar, ukuran bor yang biasa digunakan berukuran 13 mm.
• Genset kapasitas 450 watt atau 900 watt dan alat bor listrik.
• Spidol permanent sebagai penanda titik bor.
• Alat ukur meteran untuk mengukur keliling batang dan jarak titik bor satu dengan lainnya.
• Pinset dan suntikan sesuai ukuran bor.
• Alkohol 70 % untuk sterilkan alat dan lubang hasil bor kayu.
• Masker, gunting serta kapas.
• Lilin lunak, plester atau lakban, untuk menutup lubang bor.
• Sarung tangan karet dan Inokulan Gaharu.
Proses pengerjaannya dengan mengikuti prosedur dibawah ini:
• Ukur titik pengeboran awal 1 meter dari permukaan tanah. Beri tanda dengan spidol. Kemudian buat lagi titik pengeboran diatasnya dengan mengeser kearah horizontal sejauh 15 cm dan vertical 15 cm. dengan cara yang sama buatlah titik berikutnya hingga setelah dihubungkan membentuk garis spiral.
• Ukur lingkaran batang untuk mendapatkan diameter batang. Misalkan lingkaran batang 60 cm, hitung diameternya dengan rumus : Keliling Lingkaran = diameter x 3,14. contoh 60 cm = diameter x 3,14 berarti diameter batang = 60 cm : 3,14 = 19,11 cm.
• Buat lubang sedalam 1/3 diameter batang pada titik pengeboran yang sudah ditanda dengan spidol. Contoh : Kedalaman lubang bor = diameter batang x 1/3 = 19,11 x 1/3 = 6,4 cm.
• Bersihkan lubang bor dengan kapas yang sudah dibilas dengan alcohol.
• Masukkan inokulan dengan pinset kedalam suntikan yang ujungnya sudah dipotong, kemudian masukkan inokulan kedalam lubang sampai penuh.
• Tutup lubang yang telah terisi penuh inokulan dengan lilin agar tak ada kontaminan dari mikroba yang lain. Untuk mencegah air merembes permukaan lilin ditutup kembali dengan plester atau lakban.
• Cek keberhasilan penyuntikan setelah 3 bulan, caranya buka plester dan lilin kemudian kupas sedikit kulit batang, jika batang tampak berwarna coklat kehitam hitaman berarti penyuntikan berhasil. Tutup kembali lubang dengan lilin dan plester.
• 7 (tujuh) bulan setelah penyuntikan ambil sample dengan mengebor lubang baru 5 cm diatas lubang sebelumnya, jika serbuk hasil bor sudah hitam atau wangi atau sesuai dengan ciri-ciri yang diinginkan maka pohon sudah dapat dipanen jika belum sesuai tutup kembali lubang dengan lilin. Tanda hasil mulai maksimal jika daun gaharu sudah mengering 50 % hal ini biasanya terjadi pada 1,5 tahun sampai 2 tahun setelah penyuntikan tergantung dari besarnya diameter batang, semakin besar diameter batang maka proses mengeringnya daun semakin lama.
Produksi gubal gaharu akan terbentuk setelah perlakuan berjalan 3 bulan. Hal ini dimulai dengan berubahnya warna kayu sekitar penyuntikan menjadi cokelat dan bertekstur keras kemudian kulit batang menjadi lunak, berbau wangi, tajuk tanaman menguning dan rontok, serta terjadi pembengkakan, pelekukan, atau penebalan pada batang dan cabang tanaman.  Pemanenan dapat dilakukan mulai dari 1 tahun setelah penginokulasian dengan cara menebang pohon.
Adapun untuk mendapatkan tanaman yang tahan terhadap hama agar proses pertumbuhan dan pembentukan Gaharu nantinya dapat berjalan secara optimal, perlu adanya bibit yang mempunyai kualitas baik agar menghasilkan tanaman yang bermutu nantinya. Untuk itu kami CV.Mitra Bibit telah menyediakan bibit-bibit tanaman gaharu yang siap tanam dan pastinya dengan kualitas baik, tahan terhadap serangan hama.




DKI Jakarta Papua Barat Papua Kalimantan Timur Kalimantan Barat DI Yogyakarta Kepulauan Riau Jawa Timur Kalimantan Selatan Bali

Juga bisa ke Kab. Blora Tulang Bawang Barat Kab. Lombok Tengah Kota Mataram Denpasar Kab. Lombok Tengah Lubuklinggau Kota Madiun Padangsidempuan Banjarmasin Tojo Una-Una Kab. Karawang Kepulauan Sangihe Kab. Sukabumi

Dan Kec lainnya Kec. Liukang Tupabaring Kec. Binjai Kec. Rumbai Pesisir Kec. Kiaracondong Kec. Ampek Angkek Kec. Bendo Kec. Lumban Julu Kec. Stabat Kec. Munjungan Kec. Nisam Antara Kec. Jombang Kec. Banyu Urip Kec. Kandang Serang Kec. Tretep Kec. Kedung Banteng Kec. Haranggaol Horisan Kec. Cikijing Kec. Kota Kudus Kec. Negara Kec. Temayang



Tag Grosir Grosir
Proses Pembentukan Gaharu Adalah Penentu Kesuksesan Anda Dalam Membudidayakannya Grosir | Grosir Pusat Grosir Metro Tanah Abang metrotanahabang SalinanPusat Grosir Metro Tanah Abang Welcome Dropship & Reseller Hubungi Email CS@METROTANAHABANG.CO.ID WHATSAPP 08 111 665 111 Welcome Dropship & Reseller Dapatkan Toko Online Gratis Sama Seperti Website ini Reseller Dropship Produk Fashion Bandung Supplier Grosir .jakartagrosir SalinanAnda ingin berjualan tapi tidak punya produk? Kami sediakan ribuan produk siap jual. Ayo bergabung menjadi reseller dropshipper. Melayani pengiriman dropship ke seluruh Indonesia Grosir + Grosir Berita Rumah DP Rp 0 Samping Kuburan, Pembeli: Yang Penting Punya Rumahdetikcom· 11 jam yang laluRumah DP 0 yang dicanangkan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan berlokasi di Pondok Kelapa, Cerita Pembeli Rumah Dp Rp 0 Soal Sulitnya Cari Rumah di Jakartadetikcom· 9 jam yang laluMencari hunian pribadi di pusat perkotaan terutama di Ibu kota Jakarta bukan lah persoalan mudah . 6 Tempat Wisata Belanja Murah di Surabaya, Jangan Sampai TerlewatLiputan6· 4 hari yang laluPasar Atom Pasar Atum atau yang juga kerap disebut dengan pasar Atom merupakan pusat perbelanjaan More news for Grosir + Grosir Grosir Fashion Online dan Aksesoris Korea .grosirfashiononline SalinanDistributor Utama Fashion Aksesoris import, dipercaya lebih dari 24rb butik dan toko yang tersebar di tanah abang, asemka, mangga dua, dan trade centre lain dari Jakarta hingga Papua Grosir + Grosir Hasil Pencarian Gambar Gambar Grosir + Grosir lainnya Mutan Grosir Rungkut, Kota Surabaya | Tokopedia . mutangrosir SalinanBelanja online aman dan nyaman di Mutan Grosir, Rungkut, Kota Surabaya be Mutant in Wholesale Grosir Tanah Abang Pusat Kulakan Baju Termurah grosirmurah.my.id pusat grosir tanah abang jakarta SalinanPusat Grosir Tanah Abang selalu identik dengan sebuah pasar besar yang menjual baju secara grosir. Anda yang berdomilisi di Jakarta pasti sudah sering kali menjelajah dan berbelanja aneka barang di Pasar Grosir Tanah Abang, Jakarta Pusat. Pusat grosir .pusatgrossir SalinanPusat grosir Jual model baju 2019 remaja non muslim › model baju atasan muslim remaja 2019 › model baju batik muslim remaja 2019 › model baju muslim 2019 TasBatam Grosir Tas, Tas Import, Tas Murah No. 1 Batam .tasbatam SalinanTasBatam Merupakan Grosir Tas, Tas Batam, Grosir Tas Murah yang berada di kota BATAM. Tas kami telah dilakukan proses QC untuk memastikan yang terbaik. Grosir Tas, Aksesoris Korea, Aksesoris Wanita Murah, Aksesoris grosiraksesorisfashion SalinanGrosir Tas, Aksesoris Korea, Aksesoris Wanita Murah, Aksesoris Fashion Online, Grosir Tas Import Ready Stock, Terima Juga Reseller Aksesoris Import. Grosir Baju Murah Meriah Langsung Dari Pabrik grosirbajuku SalinanPusat Obral Grosir Baju Anak 5000 Mukena Katun Jepang Murah Meriah Langsung Dari Pabrik. Cocok untuk Usaha Rumahan Ibu Rumah Tangga, Bukan MLM Waralaba sejak 2008. Home | Pusat Grosir Muslim pusatgrosirmuslim SalinanPusat Grosir Muslim adalah pusat penjualan koleksi busana muslim terlengkap dikelasnya. Dapatkan pengalaman berbelanja dengan koleksi lengkap dan menarik serta harga yang terjangkau, hanya di Pusat Grosir Muslim (PGM). Baju muslim Gamis cantik Gamis Pesta Gamis Bordir Tasikmalaya Mukena bordir Tebing Tinggi .



Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Proses Pembentukan Gaharu Adalah Penentu Kesuksesan Anda Dalam Membudidayakannya Grosir adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Proses Pembentukan Gaharu Adalah Penentu Kesuksesan Anda Dalam Membudidayakannya Grosir"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Map Lokasi

close
WhatsApp Stokbibit